Tips-Ketika-Motor-Mogok-Karena-Terobos-Banjir
admin Posted on 8:24 am

Tips Ketika Motor Mogok Karena Terobos Banjir

Berita Terbaru – Cuaca ekstrim dengan curah hujan yang sangat tinggi sedang terjadi di Indonesia. Dampak banjir ada dimana-mana, termasuk di jalan raya. Tidak jarang banyak sepeda motor mogok akibat banjir. Bagi sobat yang menggunakan sepeda motor harus berhati-hati karena tidak sedikit sepeda motor yang mogok karena menerobos genangan air. Hal pertama yang perlu diperhatikan, setelah situasi lebih tenang, menganalisa kondisi motor akan lebih konsentrasi. Jangan lupa posisikan motor seaman mungkin. Pilih tempat yang longgar dan tidak mengganggu. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan seperti di bawah ini.

Indikator Speedometer Saat Motor Mogok

Dalam banyak kasus, sepeda motor mogok saat musim hujan seperti ini biasanya disebabkan listrik tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Kalau tidak nyala padahal kunci kontak nyala bisa cek baterainya ya sob. Biasanya kutub positif dan negatif aki mengalami penumpukan endapan atau kerak putih yang menyebabkan aliran listrik tidak tersalurkan dengan baik.

Peristiwa ini disebabkan oleh air hujan yang masuk melalui celah-celah tersebut dan membentuk butiran garam di kutub aki. Jika mengalami kejadian ini, yang harus Anda lakukan hanyalah melepas baut yang ada di tiang aki lalu membersihkannya dengan sikat gigi bekas. Dan jangan lupa untuk memasangnya kembali pada posisi semula dengan mengoleskan gemuk pada masing-masing tiang aki agar hal seperti diatas tidak terulang kembali.

Periksa Ketersediaan Bahan Bakar

Anda pasti sudah tahu bahwa bensin merupakan hal terpenting yang dibutuhkan oleh sebuah mesin, tanpa bensin mesin tidak akan berfungsi. Oleh karena itu, sebelum membawa motor Anda ke bengkel, sebaiknya periksa dulu apakah suplai bensin Anda mencukupi. Pastikan indikator bensin pada speedometer Anda berfungsi. Atau Anda bisa melihat langsung ke tangki dan memastikan tidak ada air bercampur di tangki bensin.

Bagaimana jika ternyata bensin masih cukup tapi motor tidak bisa menyala? Jika motor Anda memiliki mesin injeksi, coba putar kunci kontak ke posisi “OFF” kemudian putar kembali ke posisi “ON”. Jika Anda mendengar suara berdengung selama beberapa detik saat tombol “ON”, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

Pengapian Busi Mati

Sekarang akhirnya, Anda bisa beralih ke busi. Bagian ini juga sering bikin motor mogok saat musim hujan sob. Busi yang lepas memungkinkan air masuk ke ruang bakar, sehingga campuran bahan bakar tidak meledak sepenuhnya. Cara terbaik adalah dengan memeriksa ujung busi, perhatikan jika ada bekas air segera bersihkan dengan tisu atau lap kering. Kemudian coba nyalakan motor Anda dengan busi yang masih dilepas beberapa saat. Kemudian pasang kembali busi ke posisi semula dan pastikan pas dan kencang.

Busi sudah terpasang tapi kok masih tidak berfungsi? Bisa jadi busi kamu mati gan. Pengecekannya mudah, lepas busi dari mesin lalu hubungkan ke busi cop. Jika sudah, tempelkan busi pada body motor kemudian hidupkan kunci kontak ke posisi “ON” kemudian tekan tombol starter. Jika busi tidak menyala sama sekali, bisa jadi busi Anda mati. Namun periksa juga kabel busi atau kabel koil, pastikan tidak ada yang kendor atau putus.

Periksa Bagian Knalpot

Knalpot sebagai sarana pembuangan gas juga harus dilindungi dari air. Jika pengemudi tiba-tiba mengurangi bensin di tengah banjir, knalpot otomatis menyedot air di sekitarnya. Inilah salah satu penyebab kerusakan motorik. Solusi untuk mengatasinya adalah standar tengah motor anda, dan posisikan ujung knalpot lebih rendah dari alasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *