Jenis Mesin Kendaraan Yang Mungkin Belum Kamu Tau
admin Posted on 9:38 am

Jenis Mesin Kendaraan Yang Mungkin Belum Kamu Tau

Berita Terbaru – Bisa dipastikan bahwa desain hingga model mobil terus berkembang dari tahun ke tahun. Begitu pula dengan jenis mesin mobilnya. Jika Anda berencana membeli mobil dalam waktu dekat, tidak ada salahnya untuk memahami ragam jenis atau tipe mesinnya, serta mempertimbangkan desain dan modelnya, agar tidak salah pilih nantinya.

Modern car engine cross section

Mesin Eksternal Combution

Jika menyangkut mesin mobil, setiap orang memiliki pertimbangan sendiri-sendiri. Ada yang memilih mesin hemat bahan bakar, tapi ada juga yang menginginkan tenaga besar. Produsen pun terus bekerja keras demi memenuhi kebutuhan konsumennya. Oleh karena itu, ada berbagai macam jenis mesin mobil yang diciptakan guna memenuhi kebutuhan tersebut. Nah, secara umum ada dua jenis mesin yaitu Internal dan Eksternal Combution Engine.

Pada tipe External Combution Engine, proses pembakaran terjadi pada mesin. Ini menyebabkan tekanan dan suhu meningkat. Sebagai hasil dari pembakaran, tekanan tinggi diteruskan ke rotor dan piston yang dapat membuat mobil berpindah dari satu tempat ke tempat lain dan mengubah energi kimia menjadi energi mekanik. Sesuai dengan namanya, External Combution Engine memungkinkan terjadinya pembakaran di luar mesin. Jenis mesin ini memiliki berbagai tipe yang diklasifikasikan menurut desain hingga jumlah pukulannya.

• Mesin Reciprocrating

Pada tipe ini, piston dan silinder merupakan komponen utama. Sebuah mesin mungkin memiliki satu atau lebih piston yang bertujuan untuk mengubah tekanan menjadi gerakan melingkar. Tiap piston ditempatkan di dalam silinder dan sebagai hasil pembakaran, piston bergerak maju mundur sehingga menghasilkan gerakan melingkar.

• Rotor Mesin

Mesin Rotor memiliki nama lain yaitu Wankel Engine. Mesin yang memiliki desain ini akan mengubah tekanan menjadi gerakan melingkar dengan menggunakan sistem putar eksentrik. Dibandingkan dengan Mesin Reciprocating, mesin rotor lebih halus, lebih sederhana, dan juga kompak. Biasanya mesin jenis ini digunakan pada mobil balap.

Jenis Mesin Datar / Mesin Boxer

Pada konfigurasi lain, posisi silinder vertikal yaitu atas dan bawah. Nah, pada Flat / Boxer ini posisinya horizontal alias horizontal. Sebenarnya, mesin flat dan boxer mirip, tapi sebenarnya ada sedikit perbedaan. Boxers menggunakan satu crankpin untuk setiap silinder, sedangkan Flat menggunakan satu crankpin untuk sepasang silinder (dua silinder menghadap).

Itulah sebabnya pada mesin boxer, piston yang berlawanan akan bergerak mendekat satu sama lain dan kemudian menjauh satu sama lain. Seperti tangan dua petinju yang saling memukul. Sedangkan pada mesin datar, piston yang berlawanan akan bergerak bergandengan tangan. Namun, dalam kehidupan sehari-hari istilah boxer dan flat engine sering dikacaukan. Konfigurasi mesin Flat / Boxer adalah sebagai berikut.

1. Karakter utama adalah penempatan silinder secara horizontal (horizontal) dengan piston saling berhadapan / berpasangan.

2. Karena karakter tata letaknya, dimensi mesin jenis ini bisa sangat rendah dan lebar.

Mesin adalah komponen mobil terberat. Dengan tata letak mesin horizontal, gravitasi pusatnya rendah, sehingga mobil memiliki stabilitas dan handling yang sangat baik. Mesin boxer / flat juga dikenal sebagai mesin yang sangat halus karena beban yang lebih ringan pada poros engkol.

Kekurangannya adalah mesinnya lebar. Perawatan bisa menjadi rumit terutama ketika ruang mesin hampir tidak berukuran. Dibandingkan dengan mesin inline, suara dari mesin boxer / flat bisa lebih nyaring. Namun hal ini justru menjadi ciri khas yang menjadi daya tarik tersendiri bagi peminat. Kelemahan lainnya adalah konfigurasinya lebih kompleks dan rumit untuk dipelihara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *