7-Faktor-Pembuat-Ban-Mobil-Pecah
admin Posted on 4:24 am

7 Faktor Pembuat Ban Mobil Pecah

Berita Terbaru – Setiap pemilik mobil pasti mengetahui penyebab ban mobil rusak. Penyebab ban pecah akhir-akhir ini memang kerap menjadi penyebab banyaknya kecelakaan di jalan raya. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa mencegah kemungkinan ban pecah di jalan raya. Selain itu, cara mengatasi ban mobil pecah juga bisa lebih mudah dilakukan jika mengetahui penyebabnya. Oleh karena itulah pengetahuan mengenai ban ini perlu anda pelajari demi kenyamanan dan keamanan ketika berkendara. Di bawah ini beberapa hal yang menyebabkan ban mobil tiba-tiba pecah.

Sering melewati lubang

Salah satu penyebab ban mobil rusak adalah terlalu sering berlubang. Pasalnya, benturan keras yang dialami ban akan menyebabkan kawat baja rajutan putus. Tentu akan sangat berbahaya jika Anda mengemudikan mobil dengan kecepatan tinggi. Perlu juga diperhatikan bahwa melewati jalan berlubang tidak hanya membuat ban mobil pecah, tapi juga merusak suspensi mobil.

Tekanan ban mobil kurang

Banyak pemilik mobil yang mengira bahwa ban mobilnya pecah karena tekanan angin yang berlebihan. Padahal semburan ban terjadi karena tekanan angin yang lebih sedikit. Perlu Anda pahami bahwa seringnya pergerakan dinding ban dapat menyebabkan kabel baja putus. Apalagi saat angin tidak cukup. Salah dalam memilih jenis ban juga menjadi salah satu penyebab terjadinya ban mobil pecah. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih jenis ban yang sesuai dengan medan.

Untuk mobil dengan ban kecil misalnya, tentunya tidak cocok untuk dikendarai di jalan yang banyak lubang dan bergelombang. Jika Anda ingin mendapatkan jenis ban mobil yang tepat, ada baiknya berkonsultasi dengan ahlinya terlebih dahulu. Hal ini sangat penting untuk Anda lakukan karena berkaitan dengan keselamatan dan keamanan saat berkendara.

Ban mobil rusak karena beberapa tambalan

Ban mobil rusak bisa jadi karena teknik penambalan ban yang buruk. Perlu sobat ketahui bahwa teknik tambal ban dengan model tusuk atau yang dikenal dengan tubeless string ternyata dapat menyebabkan lubang kebocoran semakin membesar, sehingga serat baja pada ban dapat terputus.

Ban kadaluarsa

Penyebab lain dari ban mobil pecah adalah umur ban yang sudah kadaluwarsa. Seperti yang kita ketahui, ban memiliki tanggal kadaluwarsa. Oleh karena itu, pastikan Anda mengecek tanggal kadaluwarsa sebelum membeli. Anda bisa mengetahui dari kode produksi ban di samping. Untuk membedakan ban mana yang masih bagus dan ban yang sudah kadaluarsa, Anda bisa mengecek dindingnya. Ban kadaluarsa memiliki dinding karet dan kabel yang kering dan rapuh. Maka tidak heran jika ban mobil pecah karena ban kadaluarsa.

Ada kerikil tajam di tapak ban

Kerikil pada tapak atau tapak juga dapat menyebabkan ban mobil mudah pecah. Karenanya, kerikil pada tapak ban harus dibersihkan. Jika tidak, kerikil akan menimbulkan korosi pada serat baja dan melukai ban. Tentunya akan sangat berbahaya jika ban tersebut masih digunakan.

Ukuran pelek salah

Bagi Anda yang suka memodifikasi mobil, pastikan untuk memperhatikan ukuran pelek dan ban yang Anda gunakan. Ini karena pelek dan ban berkaitan dengan keselamatan saat berkendara dengan mobil. Jangan sampai Anda memilih ukuran pelek yang tidak sesuai dengan ban mobil, misalnya terlalu besar atau terlalu kecil dibandingkan ban mobil. Jika ukuran salah, dinding ban akan terlalu terbebani. Dengan demikian, ban mobil pecah akan terhindar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *