Pengertian-dan-Manfaat-Impor
admin Posted on 4:06 am

Pengertian dan Manfaat Impor

jasaimportmurah.com – Ketika anda mempelajari atau mendengar suatu pembicaraan mengenai ekspor pasti tidak akan ketinggalan juga dengan impor. Nah sebenarnya apasih impor itu? Impor adalah kegiatan memasarkan barang dari daerah pabean atau membeli barang atau jasa dari luar negeri untuk memenuhi kebutuhan pokok dalam negeri. Misalnya, Indonesia tidak memiliki produk terigu, sehingga untuk memenuhi kebutuhan terigu dalam negeri. Indonesia harus mengimpor produk terigu dari negara lain yang mampu memproduksi terigu.

Kegiatan pengiriman barang impor secara besar-besaran memerlukan proses pendampingan oleh bea cukai. Umumnya, pemerintah akan menetapkan tarif pajak atas setiap produk impor kepada setiap importir. Hal ini menyebabkan barang impor memiliki harga yang lebih tinggi karena telah dikenakan pajak yang harus dibayar konsumen.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika barang impor cenderung lebih mahal dibandingkan produk lokal. Namun, tidak semua produk dapat atau dapat dimasukkan sebagai barang impor. Direktorat Bea dan Cukai memiliki regulasi yang memperbolehkan dan melarang barang impor, seperti hewan, obat-obatan, senjata api, dan semua benda yang mengandung unsur pornografi.

Tujuan dan Manfaat Impor

Sebagaimana telah dibahas di atas, kegiatan impor mempunyai tujuan utama untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Kegiatan ekspor dan impor ini merupakan bentuk komunikasi dan kerjasama di masing-masing negara. Setidaknya ada satu hal yang harus dilakukan negara membangun hubungan baik dengan negara lain untuk memenuhi segala kebutuhannya, seperti dalam kegiatan ekonomi.

Sedangkan tujuan lain dari kegiatan impor ini adalah untuk meningkatkan neraca pembayaran dan mengurangi arus keluar devisa negara lain. Untuk keuntungannya sendiri, kegiatan impor akan meningkatkan potensi suatu negara dalam memperoleh bahan baku, barang dan jasa dalam suatu jenis produk tertentu yang jumlahnya terbatas atau tidak dapat diproduksi di dalam negeri. Sehingga secara tidak langsung akan mendukung stabilitas negara.

Ekspor dan Impor Komoditas

Komoditi merupakan produk dan jasa yang mampu memenuhi kebutuhan pembeli. Jenis komoditas yang akan diekspor ke suatu negara tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan. Namun, setidaknya ada tiga faktor yang mempengaruhi keunggulan suatu komoditas, yaitu teknologi, alam, dan biaya produksi.

1. Faktor alam

Kondisi geografis suatu negara merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keunggulan suatu komoditas, seperti di Indonesia yang beriklim tropis, sehingga banyak pohon karet yang mampu tumbuh subur.

2. Faktor Biaya Produksi

Selain faktor alam, harga pokok produksi juga mempengaruhi keunggulan suatu komoditas. Pengaruh harga yang baik dapat dipengaruhi oleh rendahnya biaya produksi. Semakin murah harga ditentukan dari semakin rendah biaya produksi.

3. Faktor teknologi

Penggunaan teknologi dalam proses pembuatan suatu komoditas akan berpengaruh besar terhadap kualitas produk. Jadi, keunggulan suatu produk komoditas juga bisa ditentukan oleh kemajuan teknologi yang digunakan.

Begitulah secara singkat pengertian mengenai impor yang bisa kami berikan kepada anda. Hal ini sangat perlu anda pahami jika anda merupakan seorang karyawan yang bekerja di perusahaan yang melakukan kegiatan ekspor ataupun impor. Semua kegiatan ini harus dilakukan dengan perencanaan yang matang dan biaya yang sudah ditentukan. Hal ini dilakukan supaya nantinya budget atau biaya untuk melakukan impor tidak membengkak jauh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *